Tips and trik liburan ke Jepang




Halo,

Welcome back Dewi ;")

Setelah seribu purnama kembali lagi menulis untuk blog ini, pengennya sih bisa selalu nulis tapi bingung nulis apa secara saya cuma 'remahan gorengan' ga punya banyak cerita yang special buat di share di blog ini. Tapi kali ini saya mau cerita tentang perjalanan liburan saya dan suami ketika pergi ke Jepang *finally*. Jadi sebenarnya rencana saya untuk liburan ke Jepang itu udah dari tahun 2016 kemarin tapi apa daya tiket hangus begitu saja, karena suami berhalangan. Sempat diijinkan untuk pergi sendiri tapi sekitar seminggu sebelum keberangkatan suaminya bilang "sayang ga usah pergi deh, aku khawatir kalo kamu pergi sendirian" yak ilaahh padahal itu saya sudah giat-giatnya lagi bikin itinarary untuk solo traveller :(. Di blog saya kali ini saya akan ceritakan pengalaman saya sebelum dan selama liburan di Jepang, lebih tepatnya mungkin hal-hal apa saja yang harus di persiapakan dan beberapa tips sebelum dan selama saya berada di Jepang.

1. Visa jepang

Jepang adalah salah satu negara yang mengharuskan penggunaan visa untuk bisa masuk ke negaranya. Karena saya pengguna E-pasport maka saya tidak perlu lagi mengurus visa pada umumnya tetapi hanya mengurus visa WAIVER yaitu ijin tinggal selama 15 hari maximal dan berlaku untuk 3 tahun. Cara mengajukan visa Waiver cukup mudah, jika kalian sudah mempunyai E-Pasport cukup melampirkan pasport dan mengisi formulir di kedutaan Jepang dan prosesnya cukup singkat hanya 1 hari saja.

2. Pesawat

Pesawat yang saya gunakan untuk pergi ke Jepang adalah ANA (all nippon airways). ANA adalah salah satu pesawat yang direct langsung dari bandara Soekarno-Hatta ke Haneda Airport. Kami mendapatkan harga 4.6 juta PP dengan bagasi 2x 23kg per orang pada saat promo di traveloka *cocok buat yang mau buka PO or jastip* hehehe. Untuk mengetahui promo di Traveloka kalian bisa mengaktifkan menu price alert dengan mengisi asal dan tujuan pesawat, tanggal keberangkatan serta mengisi harga sesuai budget. Jika pada tanggal tersebut ada rute sesuai dengan tujuan kita makan akan di infokan melalui inbox. Lumayan membantu bukan? Ayo install aplikasi traveloka sekarang juga hehehe *bukanendorsan*

3. Penginapan

Untuk penginapan saya dan suami memilih untuk menggunakan Airbnb selama di Osaka dan tokyo. Saya ingin memberikan tips berdasarkan pengalaman kami untuk memilih penginapan, pilihlah yang jaraknya dekat dengan stasiun kereta dan jika memang penginapan kita ada di gedung/rumah yang bertingkat pastikan memiliki lift untuk memudakan kita jika kita memiliki koper yang banyak dan berat. Stasiunnya tidak harus selalu stasiun yang besar seperti Tokyo atau Shinjuku, karena sudah pasti di daerah tersebut harga penginapannya mahal. Misalnya kalian membeli Jr pass maka pilihkan stasiun yang di lintasi oleh kereta JR, atau jika kalian membeli tiket subway pass maka cek apakah penginapan kita masuk dalam jalur/ rute subway. Ini untuk menghindari pengeluaran berlebihan di pos transportasi. Pengalaman saya kemarin Airbnb kami ada di daerah Machida 5 menit dari stasiun Tsurukawa. Tetapi karena line untuk ke stasiun Tsurukawa itu hanya ada Odakyu line maka setiap hari kita PP harus membeli tiket lagi sekitar 620 yen (ke shinjuku) karena Odakyu line perusahaan kereta sendiri yg tidak tercover oleh perusahaan kereta JR ataupun Tokyo subway pass.

3. Itinarary

Ini adalah wajib hukumnya buat yang mau pergi ke Jepang. Karena dengan menyusun itinarary terlebih dahulu sangat memudahkan dan menghemat waktu kita selama disana. Dengan menyusun itinarary juga bisa melihat berapa besar pengeluaran kita untuk trasportasi dan makan. Serta dapat memilih jenis tiket/pass apa yang cocok dengan itinarary kita. oiya kita bisa cek berapa lama perjalan kita dan bagaimana cara untuk sampai di tempat yang akan kita tuju dengan Google Map. GMaps penting dan berguna banget yah guys jadi jangan lupa di install :)

4. Musim

Penting untuk tahu musim pada saat kita akan pergi ke Jepang, karena Jepang memiliki 4 musim yaitu musim semi, musim panas, musim gugur dan musim dingin. Penting karena kita tahu harus bawa baju apa yang sesuai dengan musim disana, serta event atau aktraksi apa yang berlaku di musim-musim tersebut. Kami ke Jepang pada saat musim panas, dengan agenda utama nonton  SUMMERSONIC 2017, pada saat musim ini banyak event musik yang diadakan di Jepang.

5. Cara bertransaksi selama di jepang

Mata uang negara ini adan Yen. Pada saat saya ke Jepang nilai tukarnya 118.5-121.5 (Agustus 2017). Buat yang mau menukarkan dalam jumlah yang besar bisa langsung datang ke VIP money changer di daerah menteng dekat tugu tani, karena ratenya bagus. Nah saya ingin memberikan tips jika uang yen kalian habis tapi masih ada beberapa hari di Jepang, kalian jangan panik karena kita bisa tarik tunai dengan menggunakan atm BCA di mesin atm yang ada di 7-11 (7 bank). Jangan sekali-kali kalian tukar uang di money changer karena rupiah sangat jatuh nilainya. Kemarin saya tarik atm BCA dihitung-hitung kena 122 yen dengan biaya adm 25.000 untuk 1x penarikan. Satu lagi jika ingin melakukan transaksi pembayaran dengan kartu dari salah satu bank di Indonesia bisa mengunakan kartu debit bank Mandiri karena ada logo visanya.



ATM CHIPS BCA VS ATM BIASA BCA


buat teman-teman, semua jenis ATM keluaran bank dari wilayah Indonesia semuanya bisa digunakan untuk transaksi penarikan tunai dan belanja debet (VISA atau Master). Namun teman-teman yg mau ke Jepang yang memiliki ATM BCA model baru yg ada chipsnya, sama sekali belum bisa untuk semua transaksi di Jepang. Hanya ATM regular polos yg bisa saat ini. Di Jepang Bila kita berbelanja di YODOBASHI dan BIC CAMERA, bila menggunakan debet serta CC berlogo VISA akan mendapatkan tambahan disc 5% , nah gunakan debet serta CC berlogo visa kita agar semakin dapat potongan harga. (info dari group FB global traveller Indonesia)

6. Transportasi

Penting untuk tahu PASS apa yang kita butuhkan selama di Jepang, berkaitan dengan budget trasportasi karena ini salah satu pengeluaran terbesar jika kita mau ke Jepang. salah satu PASS yang saya gunakan adalah Jr Pass ini adalah Pass yang wajib di beli jika kita ingin berkeliling Jepang, karena kita bebas naik shinkansen (kecuali NOZOMI dan MIZUHO) kemana saja dengan pas ini. Saya beli Pass ini karena saya PP JKT-Tokyo-JKT, sedangkan saya mau mengunjungi Osaka dan kyoto ditambah ke Takayama dan Shirakawa-go. Jadi bakal hemat banget kalo beli Pass ini. sedikit Tips kalo mau lebih irit lagi dengan mengunjungi kota-kota besar seperti Tokyo, Osaka, Kyoto lebih baik pada saat membeli tiket pesawat pilih multicity jadi kita masuk dari Tokyo dan pulang lewat Osaka atau sebaliknya, nah perjalanan dari Tokyo ke Osaka bisa menggunakan bus malam selain murah juga bisa berhemat di penginapan.

PASS lain yang saya beli adalah Tokyo subway Ticket yang berlaku 72 jam, beli ini karena kita masa aktif JR pass kita sudah habis dan kita mau berkeliling sekitaran Tokyo saja dengan Subway maupun Tokyo Metro. 

7. Makanan

Karena saya Muslim jadi agak kesusahan mencari makanan yang Halal di Jepang, jadi dari Jakarta seperti biasa membawa perbekalan standar turis dari Indonesia seperti rendang, ayam goreng padang, sambal dan saos, kering kentang, nugget, chiken wings, Pop M*e, mie instan, salah satu trik untuk menghemat budget makan juga nih, karena untuk 1x makan di jepang bisa sampai 700-1500 Yen. Max sehari kami coba 1x makanan khas asli Jepang pada saat makan siang. info Makanan halal sudah banyak sekali salah satunya  disini  dan disini.

8. Internet

Salah satu ceklist yang wajib pada saat kita travelling Jaman NOW nih, supaya Intagram dan IG story kita tetep Update yah guys, hahaha. karena kita ke Jepang selama 10 hari saya memilih XL Pass dengan biaya 350rb untuk 1 bulan dengan tambahan aktivasi Xtra Combo yang 89rb dengan kuota 12GB. Alhamdulillah selama di Jepang aman dan lancar. Dibandingkan dengan Wifi pocket dan penawaran dari provider lain XL ini paling murah, tapi sayang sekali XL Pass Jepang ini hanya berlaku sampai akhir Agustus 2017.

9. Shopping
Aktivitas yang wajib juga dilakukan selama di Jepang, karena barang-barang disana di jamin ASLI. Saya dan suami mengunjungi RINKU PREMIUM OUTLET di Osaka, wow kalap sekali banyak sekali diskon yang ditawarkan outlet ternama dunia 50%+20%, untung saya sedang ulang tahun jadi bisa pilih barang tanpa di pelototin suami, hahaha.

10. Joint group Backpacker di Facebook
Untuk mendapakan info-info terbaru dan tips serta trik dari para Backpacker sebaiknya kita joint group di Facebook mulai dari Backpacker Dunia, Backpacker Indonesia sampai Global Traveller Indonesia Japan and asia, komplit mulai dari info promo tiket, shopping, itinarary, makanan halal, dll.

Semoga membantu ya Guys buat yang mau trip ke Jepang...

Have a nice Holiday all 😍

Tidak ada komentar:

Posting Komentar